Penerapan 8 SNP

PENERAPAN 8 STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN (SNP)
NO
JENIS
SUDAH DILAKSANAKAN
AKAN DILAKSANAKAN
1
Standar Isi
  1. Pelaksanaan Kurikulum 2013 dan 2006
  2. Penyusunan Kurikulum Sekolah
  3. Menyusun Tim Pengembang Kurikulum
  4. Pengaturan Beban Belajar
  5. Penentuan KKM
  6. Penyusunan Kalender Pendidikan
  7. Mata Pelajaran Muatan Lokal
  8. Kegiatan Pengembangan diri dan Ekstrakurikuler
  9. Pengembangan Silabus dan RPP

2
Standar Proses
  1. Seluruh memiliki silabus dan RPP
  2. Beban Mengajar guru minimal 24 jam
  3. Pelaksanaan Pembelajaran sesuai langkah-langkah pembelajaran
  4. Supervisi Administrasi mengajar guru
  5. Supervisi Kunjungan Kelas
  6. Mengirim guru untuk mengikuti MGMP, Workshop dan pelatihan
  1. Melengkapi pengadaan Buku Guru dan buku siswa untuk Kurikulum 2013
  2. Evaluasi guru dalam proses pembelajaran
3
Standar Kompetensi Lulusan
  1. Siswa lulus diatas KKM
  2. Ketersediaan Bahan ajar
  3. Penggunaan Laboratorium
  4. Penegakan tata tertib sekolah
  5. Peringatan Hari Besar Agama Islam dan Hari Besar nasional
  6. Pembiasaan Hidup bersih dan sehat
  7. Sholat dhuhur berjama’ah dan sholat jum’at
  1. Penulisan Karya Tulis siswa
4
Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan
  1. Guru berpendidikan S.1. dan ada 1 orang guru berpendidikan S.2.
  2. Latar belakang pendidikan guru sesuai dengan mata pelajaran yang diampu
  3. Guru memiliki kompetensi paedagogik, kepribadian, manajerial, dan supervise
  4. Guru memiliki SK pengangkatan DPK, GTY, dan GTT
  5. Kepala Sekolah berpendidikan S.1.
  6. Rata-rata kehadiran guru 99%
  7. Kelulusan siswa 100%
  8. Memiliki penjaga sekolah
    1. Guru didorong untuk melanjutkan pendidikan S.2.
    2. Merencanakan program supervise akademik
5
Standar Sarana dan prasarana
  1. Sekolah berada di lingkungan yang aman
  2. Memiliki status atas hak tanah
  3. Bangunan memenuhi ketentuan luas minimum sesuai dengan rasio jumlah siswa
  4. Struktur bangunan stabil dan kokoh
  5. Sekolah memiliki sanitasi di dalam dan di luar yang dapat memenuhi kebutuhan
  6. Bangunan sekolah memiliki ventilasi udara yang cukup
  7. Instalasi listrik 11.000 watt
  8. Pemeliharaan sekolah dilakukan secara rutin dan berkala.
  9. Sekolah memiliki sarana ruang : kelas, perpustakaan, kepala sekolah, guru, mushola, UKS, WC, Gudang, laboratorium
  10. Ruang kelas sesuai dengan jumlah kelas
  11. Rasio buku teks 1 buku 1 siswa
  12. Ruang kepala sekolah dan ruang guru sesuai ketentuan
  13. Memiliki lab IPA dan almari
  14. Memiliki sarana olah raga, alat music, sound system
    1. Melengkapi ruang kelas dengan kipas angin / AC
6
Standar Pengelolaan
  1. Sekolah memiliki visi dan misi
  2. Perumusan visi dan misi ditetapkan melalui keputusan bersama
  3. Sekolah memiliki tujuan lembaga, rencana kerja jangka panjang, menengah dan tahunan
  4. Sekolah memiliki struktur organisasi
  5. Sekolah memiliki pedoman dan pengelolaan sekolah secara tertulis
  6. Sekolah melaksanakan kegiatan ekstrakurikules dan pembinaan prestasi
  7. Sekolah melakukan pengembangan kurikulum
  8. Sekolah mendayagunakan pendidik dan tenaga kependidikan sesuai dengan bidang tugasnya
  9. Pengelolaan pembiayaan pendidikan dilakukan dengan pembukuan yang teratur
  10. Evaluasi kinerja pendidik dan tenaga kependidikan secara periodik
    1. Pemberdayaan bimbingan dan konseling
    2. Merencanakan pemberian reward and punismen
    3. Mendorong guru untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan IT
7
Standar Pembiayaan
  1. Kerjasama dengan pemerintah dan wali siswa dalam pengadaan sarana dan prasarana
  2. Sekolah menganggarkan biaya untuk pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan , honor dan gaji
  3. Sekolah menganggarkan untuk kegiatan pembelajaran, kesiswaan dan pengadaan ATK
  4. Sekolah memungut biaya pendidikan
  5. Pengelolaan keuangan sekolah secara sistematis, transparan, efisien dan akuntabel
    1. Peningkatan kesejahteraan guru dan karyawan
    2. Mengusahakan beasiswa bagi siswa tidak mampu dan siswa berprestasi
8
Penilaian Pendidikan
  1. Guru membagikan hasil belajar siswa setiap akhir semester dalam bentuk rapor
  2. Teknik penilaian melalui tes tertulis, lisan, sikap, dan tugas
  3. Sekolah mengkoordinasikan ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, dan ulangan kenaikan kelas dengan membentuk panitia
  4. Menentukan kenaikan kelas dan kelulusan melalui proses rapat bersama
  5. Rata-rata kelulusan diatas KKM
  6. Sekolah menyerahkan SKHU dan Ijazah kepada setiap siswa yang telah lulus
  1. Program remidi dan pengayaan


Updated : 01/2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar